Erick Thohir Punya Akses Internasional, Dinilai Memperkuat PSSI Makin Punya Taji

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, miliki akses terhadap dunia olahraga internasional memang sudah tidak diragukan lagi.

Dari koneksi yang ia bangun bertahun-tahun hal itu memiliki dampak positif terhadap perkembangan PSSI.

Menurut Pengamat Politik Universitas Airlangga Prof Hotman Siahaan akses serta koneksi yang dimiliki Erick Thohir pada bidang sepak bola internasional tentu menjadi kabar baik bagi PSSI.

Pengalaman Menteri BUMN itu berkecimpung dalam dunia sepak bola internasional memang menggambarkan kapabilitasnya sebagai sosok penting bagi masyarakat pecinta sepak bola.

“Semua itu membuat Erick Thohir nampaknya jadi lebih populer,” terang Prof Hotman kepada wartawan dikutip Selasa (13/6/2023).

Setelah Erick Thohir menduduki kursi Ketua Umum PSSI, induk sepak bola Indonesia tersebut mulai memberikan prestasi positif bagi pecinta olahraga sepak bola.

Hasilnya yang sudah nampak berupa medali emas di ajang SEA Games Kamboja beberapa waktu lalu.

Kemudian, berkat akses internasional yang dimiliki oleh Erick Thohir pula, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Argentina di Jakarta pada (19/06/2023).

Pertandingan tersebut tidak bisa dilepaskan dari kepiawaian pemimpin andalan Presiden Jokowi ini dalam membangun relasi dengan dunia sepak bola internasional.

Tidak hanya piawai membangun relasi dengan dunia sepak bola internasional, di dalam negeri pun Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga terbilang dekat dengan Presiden Jokowi.

Kedekatan itu, tak hanya terlihat dari tugas kenegaraan saja, Erick Thohir juga terbukti berhasil menjadi panitia inti dalam acara personal Presiden Jokowi yaitu saat acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo.

Maka dari itu, Prof Hotman melanjutkan, secara umum masyarakat sudah tahu jika Erick Thohir memang dekat dengan Presiden Jokowi. Bahkan, menurutnya kinerja Erick Thohir bisa disebut sebagai menteri andalan di Kabinet Indonesia Maju dilansir dari Tribunnews.com.

“Terlebih Erick Thohir juga pernah menjadi Ketua Tim Suksesnya pak Jokowi sewaktu Pemilihan Presiden (Pilpres) pada periode kedua,” ujar Prof Hotman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *