Materi IPS Kelas 7 SMP/MTs, Mengenal Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas

Materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP/MTs tentang Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas ini materi lengkapnya.

Artikel ini hanya membahas tentang kelangkaan apa saja yang terjadi dalam kehidupan dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Materi dalam artikel ini, dapat menjadi referensi atau panduan siswa dalam proses belajar.

Kelangkaan terjadi ketika sumber daya alam yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Permasalahan ekonomi yang akan terus terjadi dan terus berlangsung saat ini juga merupakan kelangkaan.

Kelangkaan tidak akan terjadi jika sumber daya yang tersedia melimpah, memiliki kualitas yang baik serta ditemui di mana saja dan kapan saja.

Namun pada kenyataannya, manusia hampir tidak pernah puas dan tidak mampu mengimbangi ketersedian sumber daya.

Selengkapnya, inilah beberapa kelangkaan yang terjadi dalam kehidupan:

1. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan salah satu kelangkaan yang tidak dapat dihindari. Sumber daya alam yang jumlahnya terbatas saat ini, tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan populasi manusia yang semakin bertambah pada masa mendatang.

Bertambahnya populasi manusia di dunia dan sumber daya yang jumlahnya terbatas menyebabkan kelangkaan. Diperlukan inovasi dan perbaikan dalam segala bidang agar kelangkaan ini dapat diatasi dan kebutuhan manusia tetap dapat terpenuhi.

Contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui dan yang tidak bisa diperbarui.
Contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui dan yang tidak bisa diperbarui. (Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII oleh M. Nursa’ban, dkk (2021))

2. Kelangkaan Tenaga Kerja

Kelangkaan tenaga kerja terjadi saat sulit menemukan tenaga kerja yang kompeten untuk menjalankan proses produksi, baik barang maupun jasa. Jika keadaan ini terus berlanjut maka produksi akan terganggu dan menyebabkan masalah ekonomi pada suatu daerah.

Selain tenaga produksi, perusahaan juga membutuhkan tenaga ahli. Tenaga ahli merupakan orang yang benar-benar kompeten dan ahli pada suatu bidang tertentu seperti dosen bagi perguruan tinggi, dokter bagi sebuah rumah sakit, insinyur teknik untuk bagian produksi, manager pemasaran dan akuntan bagi sebuah perusahaan dilansir dari Tribunnews.com.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *