DKPP Indramayu Bentuk Tim Khusus Pemeriksaan Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, DKPP Indramayu Bentuk Tim Khusus Pemeriksaan 

Tim pemeriksaan hewan kurban dari DKPP Kabupaten Indramayu sedang melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual dilapak pedagang, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

 

“Pemeriksaan sebelum dipotong ini dilaksanakan dengan mendatangi tempat-tempat penjualan hewan kurban yang berada di sekitar Kabupaten Indramayu. Kemudian untuk pemeriksaan setelah dipotong, tim akan menyebar ketika pelaksanaan pemotongan di tempat pemotongan baik di masjid atau mushola,” ungkapnya.

Dian menyampaikan Pemeriksaan hewan kurban dilakukan untuk memastikan daging yang dihasilkan itu sehat dan layak dikonsumsi, dan untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Sementara dalam memilih hewan kurban yang sehat. Menurutnya salah satu indikator hewan yang sehat memiliki ciri-ciri dari penampakan luar terlihat segar, lincah, tidak murung dan bulu terlihat bersih mengkilat.

“Untuk penyakit yang diwaspadai itu, anthrax walaupun penyakit ini di Indramayu tidak ada, dan penyakit mulut kuku (PMK), namun tim belum ada temukan kasus penyakit pada hewan kurban yang dijual para pedagang,” tuturnya.

Selain itu, pilih hewan kurban yang tidak cacat. Hewan yang tidak cacat ini dalam artian tidak pincang, tidak buta dan tidak sanglir (memiliki jumlah testis yang normal), dan memilih hewan kurban juga sebaiknya yang memiliki cukup umur. Melansir dari Radarindramayu.id umur kambing atau domba biasanya di atas satu tahun, dan sapi di atas dua tahun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *